6 Cara Merapikan Gigi Menggunakan Alternatif Behel

by KLAR
6 Cara Merapikan Gigi Menggunakan Alternatif Behel

Alternatif Behel untuk Merapikan Gigi  

Tahukah Anda, bahwa saat ini ada cara untuk merapikan gigi tanpa behel? Kini Anda bisa menggunakan alternatif behel untuk merapikannya. Bahkan ada beberapa solusi yang bisa Anda coba sesuai dengan kenyamanan Anda masing-masing.

Kali ini kami akan coba jelaskan beberapa solusi yang bisa Anda coba untuk merapikan gigi. Jadi simak artikel ini hingga selesai untuk informasi yang lebih lengkap.

Penyebab Gigi Berantakan

Sebelum kami bahas satu per satu, alangkah baiknya kami juga jelaskan penyebab gigi tidak rapi terlebih dahulu. Ada beberapa penyebab umum yang sudah kami rangkum sebagai berikut:

  • Pernah mengalami infeksi atau radang gusi.
  • Terlalu lama menggunakan botol susu atau dot bayi saat masih kecil.
  • Mengalami pertumbuhan gigi yang tidak normal.
  • Bentuk gigi yang terlalu kecil atau terlalu besar.
  • Mengalami gangguan pernapasan akibat amandel atau alergi.
  • Kebiasaan sering menghisap jempol saat masih kecil.
  • Gigi tanggal.
  • Faktor genetik.
  • Munculnya tumor pada mulut atau rahang.
  • Rahang mengalami cedera yang menyebabkan susunan gigi menjadi tidak rata.
  • Perawatan gigi yang tidak benar.
  • Bibir sumbing.

Alasan Kenapa Gigi Harus Diratakan 

Perlu Anda ketahui, gigi yang tidak rapi juga dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Bentuk gigi yang tidak rata akan menyulitkan Anda untuk membersihkan beberapa area gigi. Itulah yang menjadi salah satu faktor yang dapat menimbulkan masalah gigi. 

Jika dibiarkan dalam jangka panjang, maka akan terjadi beberapa gangguan-gangguan kesehatan pada gigi. Berikut kami sudah merangkum gangguan kesehatan gigi yang umum terjadi karena kondisinya yang tidak rata. 

  • Gigi menjadi berlubang karena sulit dibersihkan. 
  • Timbulnya radang gusi. 
  • Lapisan gigi menjadi mudah rusak. 
  • Terbentuknya karang gigi. 

Cara Merapikan Gigi Tanpa Menggunakan Behel

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, bahwa ada beberapa solusi alternatif behel untuk Anda yang enggan menggunakan behel. Berikut kami jelaskan juga tips mengatasinya:

1. Merapikan Gigi dengan Aligner

Tidak semua orang percaya diri dan nyaman menggunakan behel. Sebagai solusinya, aligner bisa Anda coba untuk merapikan gigi. Aligner sendiri yaitu sebuah alat untuk menyangga gigi yang tipis. Alat ini terbuat dari bahan plastik bening.

Aligner adalah sebuah alat merapikan gigi yang tidak akan mengganggu proses mengunyah maupun menggigit makanan. Selain itu, alat ini pun bisa Anda sesuaikan dengan ukuran gigi penggunanya.

2. Merapikan Gigi Menggunakan Retainer

Retainer adalah sebuah alat merapikan gigi yang memiliki kesamaan dengan aligner. Kesamaannya yaitu keduanya terbuat dari bahan plastik bening yang tipis. Selain itu, alat ini juga mampu menutupi seluruh permukaan gigi.

Yang membedakan retainer dari aligner yaitu pada sifatnya saja. Retainer merupakan alat yang dapat dilepas dan dipasangkan kembali.

Akan tetapi, jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal, alangkah baiknya retainer tidak dilepas terlebih dahulu selama 6 bulan. Setelah 6 bulan, maka penggunanya bisa melanjutkan pemakaian hanya di malam hari saja.

3. Mengaplikasikan Mahkota Gigi

Mahkota gigi merupakan berfungsi layaknya topi. Pasalnya alat ini diaplikasikan tepat di atas permukaan gigi. Fungsinya sendiri yaitu menggantikan sebagian besar permukaan gigi.

Umumnya mahkota gigi ini terbuat dari porselen maupun jenis porselen yang sudah dileburkan ke logam. Bahan tersebut sangat cocok sekali untuk mengembalikan kontur gigi agar menjadi lebih rapi.

4. Menggunakan Veneer

Alternatif behel selanjutnya adalah veneer. Veneer merupakan salah satu metode perawatan gigi yang sempat viral. Bahkan dengan veneer, setiap orang bisa memiliki bentuk gigi kelinci. Selain itu, veneer juga bisa Anda manfaatkan untuk merapikan gigi.

Veneer berfungsi untuk melapisi gigi. Bahannya sendiri terbuat dari porselen. Bahan yang digunakan bahkan menyerupai gigi asli. Bahkan dengan veneer, gigi akan tampak lebih putih dan bersih.

5. Menggunakan Kontur Gigi

Prosedur merapikan gigi dengan kontur gigi juga dikenal dengan nama odontoplasty, slenderizing, enameloplasty, dan stripping.

Proses kerjanya yaitu dengan mengambil sedikit saja enamel gigi untuk menyesuaikan panjang dan bentuknya agar rapi kembali.

Proses merapikan gigi dengan metode ini tidak akan membuat gigi menjadi ngilu dan sakit. Karena proses pengambilan enamel gigi tidak akan membuat pasiennya merasa kesakitan.

6. Merapikan Gigi dengan Resin

Resin merupakan sebuah cara yang juga sangat ideal untuk merapikan gigi. Resin sendiri memiliki warna yang sama dengan warna gigi asli. Caranya yaitu dengan mengaplikasikan resin pada permukaan gigi.

Setelah diaplikasikan, resin kemudian akan dikeraskan dengan sinar khusus. Fungsinya yaitu untuk membentuk ikatan yang nantinya akan mengisi ruang kosong antar gigi. Dengan begitu, gigi Anda akan rapi kembali.

Itulah informasi seputar alternatif behel yang perlu Anda ketahui. Bagaimana, berencana untuk merapikan gigi tanpa menggunakan behel? Gunakan saja KLAR Aligner yang dapat merapikan gigi secara nyaman tanpa sakit dan ngilu. 

0 comment

You may also like