Alternatif Gigi Rapi secara Aman dan Sehat Selain dengan Pemakaian Behel

by KLAR
a guy smiling with aligner in his hand

Alternatif Gigi Rapi selain Behel

Pemakaian behel selama ini dikenal sebagai solusi yang paling efektif untuk merapikan gigi. Behel dinilai bisa membantu merapikan pertumbuhan gigi dan mengatasi masalah gigi berjejal, berjarak, dan lain sebagainya. Lalu kini muncul alternatif gigi rapi lainnya yakni aligner. Pemakaian aligner pun semakin populer dan dianggap menjadi solusi terbaik selain behel yang bisa digunakan saat ini.

Fungsi Aligner

Bagi Anda yang belum mengenal apa itu aligner, mari pahami dulu fungsi dari alat yang satu ini. Aligner itu sendiri merupakan alat yang digunakan untuk merapikan gigi. Alat ini terbuat dari material transparan dan proses pembuatannya menerapkan teknologi tinggi. Aligner akan dipakaikan ke gigi geligi dan membantu mengontrol pertumbuhan gigi agar menjadi lebih rapi.

Jika melihat fungsinya, aligner ini memang memiliki fungsi yang sama seperti behel. Namun, spesifikasi dan detail alat ini jelas berbeda dari behel. Berikut adalah beberapa jenis masalah gigi yang bisa diatasi dengan pemakaian aligner:

  • Celah di antara gigi
  • Kondisi tidak selaras antara rahang atas dan rahang bawah
  • Gigi depan dan atas saling tumpang tindih
  • Maloklusi gigi
  • Jarak vertikal pada gigi depan
  • Gigi berjejal atau overcrowding

Konsultasikan terlebih dahulu kondisi gigi geligi sebelum menggunakan alat ini. Pemakaian aligner sama saja seperti behel yang harus dilakukan berdasarkan arahan dokter. Tentu harus ada rekomendasi yang tepat sesuai dengan kondisi gigi. Dengan begitu masalah yang dihadapi pasien bisa teratasi dengan baik sesuai tujuan.

Kelebihan Aligner

Alat perapi gigi yang satu ini dikenal punya banyak kelebihan. Hal inilah yang menjadi alasan alat ini sekarang dijadikan sebagai alternatif gigi rapi selain behel. Berikut adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh aligner:

1. Mudah Dipasang

Aligner ini menjadi alat perapi gigi yang sangat mudah untuk dipasang. Bahkan pasien bisa memasang dan melepasnya sendiri kapan saja dibutuhkan. Lain halnya dengan behel yang membutuhkan tenaga dokter untuk pemasangan dan pelepasan. Pasien hanya perlu melakukan konsultasi sebelum penggunaan alat dan melakukan kontrol.

Aligner wajib digunakan selama 22 jam setiap hari. Alat ini bisa dilepas ketika pasien sedang makan. Setelah itu alat harus dipakai kembali untuk mendapat hasil yang optimal. Proses pemasangan dan pelepasan ini sangat mudah hingga bisa dilakukan sendiri oleh pasien.

2. Terasa Nyaman

Alat perapi gigi aligner dijadikan alternatif behel karena terasa lebih nyaman untuk digunakan. Alat ini tidak akan meninggalkan nyeri berlebih seperti pada pemasangan behel. Bahkan pasien tetap bisa makan dengan nyaman karena alat bisa dilepas terlebih dahulu saat makan. Aligner juga cukup tipis sehingga tidak akan mengganggu posisi normal maupun saat pasien berbicara.

3. Kontrol Mudah

Pemakaian aligner sebagai alternatif gigi rapi selain behel ini juga membutuhkan kontrol. Namun proses kontrol jauh lebih praktis dan mudah daripada pasien yang menggunakan behel. Frekuensi kontrol juga jauh lebih sedikit dibandingkan pasien yang memakai behel. Bahkan selama proses perawatan pasien hanya diwajibkan kontrol sebanyak 1 sampai 2 kali. 

Beberapa layanan juga menyediakan fasilitas konsultasi dan kontrol secara online. Selama tidak didapatkan keluhan yang berarti dan memang memungkinkan kontrol secara online maka tidak masalah. Selama kontrol akan dilakukan pemeriksaan kemajuan atau progress yang didapatkan dari pemakaian alat tersebut.

4. Lebih Estetik

Penggunaan aligner ini dinilai lebih estetik daripada behel. Seperti kita tahu bahwa behel menutupi sebagian besar permukaan gigi. Saat pengguna behel tersenyum maka gigi akan tertutup behel dan hal ini bisa mengurangi estetika. Bahkan banyak juga pengguna behel yang merasa tidak percaya diri untuk memperlihatkan kondisi giginya.

Lain hanya dengan aligner yang menjadi alternatif karena memang lebih estetik dari segi penampilan. Pengguna aligner bisa tersenyum dengan lebih percaya diri karena alat ini bersifat transparan. Alat ini tidak menutupi bagian gigi sehingga pengguna bisa tersenyum dengan nyaman tanpa merasa malu.

5. Waktu Perawatan Singkat

Kelebihan lain dari aligner adalah waktu perawatannya tergolong singkat. Lain halnya dengan behel yang membutuhkan waktu perawatan hingga bertahun-tahun, aligner cukup dipakai dalam waktu yang singkat. Pada kasus yang tergolong ringan, alat ini bisa mendatangkan hasil setelah 3 hingga 6 bulan pemakaian.

Namun perlu diketahui bahwa hasil yang optimal ini bisa didapatkan dengan pemakaian yang benar. Pasien harus benar-benar memakai aligner selama 22 jam sehari dan melakukan kontrol dengan dokter profesional. Jika aturan dan rekomendasi dokter diikuti dengan tepat maka penggunaan alat ini bisa mendatangkan hasil yang efektif dalam waktu singkat.Itulah pembahasan singkat mengenai pemakaian aligner sebagai alternatif gigi rapi selain behel. Alat ini juga membutuhkan biaya yang lebih terjangkau daripada behel. Anda bisa mendapatkan alat perapi gigi ini dari Klarsmile. Langsung saja dapatkan informasi lengkap mengenai aligner ini melalui website klarsmile.com/id.

0 comment

You may also like