Apakah Ada Opsi Lain Merapikan Gigi Selain Memasang Behel Kawat?

by KLAR
Apakah Ada Opsi Lain Merapikan Gigi Selain Memasang Behel Kawat?

Opsi Lain Merapikan Gigi Selain Behel

Ingin merapikan gigi tapi malas menggunakan behel kawat? Jangan khawatir, karena saat ini ada beberapa opsi lain merapikan gigi tanpa harus menggunakan alat tersebut. Bahkan, meski tidak menggunakan behel, gigi tetap rapi dan normal kembali.

Bahkan beberapa opsi lain merapikan gigi yang kami jelaskan di sini jauh lebih cepat dibandingkan behel. Tanpa berlama-lama lagi, berikut kami jelaskan opsi-opsinya lengkap dengan kelebihannya.

Merapikan Gigi dengan Aligner

Ada beberapa alasan kenapa orang tidak mau merapikan gigi dengan behel kawat. Salah satu alasannya yaitu tidak nyaman saat digunakan. Sebagai solusinya kini telah hadir aligner yang berfungsi untuk merapikan gigi tanpa harus menggunakan behel.

Aligner merupakan sebuah alat perata gigi. Alat ini berwarna bening dan terbuat dari plastik. Ingin tahu apa saja kelebihan aligner? Berikut sudah kami rangkum untuk Anda:

1. Proses Merapikan Gigi Lebih Cepat

Aligner akan membantu mempercepat proses merapikan gigi Anda. Bahkan proses merapikannya bisa kurang dari 6 bulan saja.

2. Biaya Terjangkau

Dengan aligner, Anda juga bisa menghemat pengeluaran biaya untuk merapikan gigi. Meski begitu, harga perawatan menggunakan metode ini berbeda-beda di setiap klinik. Jadi, konsultasikan terlebih dahulu untuk mengetahui besaran biayanya.

3. Tidak Mengubah Penampilan

Alat ini tidak akan mengganggu penampilan Anda. Pasalnya, aligner adalah alat yang bening dan tidak tampak seperti menggunakan alat apapun.

4. Proses Perawatan Tidak Ribet

Aligner adalah alat yang bisa dilepas pasang. Anda bisa melepas dan memasangnya kapan saja. Namun sebaiknya ikut petunjuk ahli orthodontist agar tahu kapan Anda harus memasang dan menggunakannya kembali.

Merapikan Gigi Menggunakan Veneer

Saat ini, veneer menjadi salah satu perawatan gigi yang paling populer. Metode ini mampu merapikan gigi dan membuat gigi tampak lebih putih dan bersih.

Veener sendiri merupakan sebuah cangkang yang tipis. Fungsi dari cangkang tersebut yaitu untuk melapisi gigi depan. Adapun kelebihan-kelebihannya di antaranya seperti:

  • Merapikan kembali gigi yang patah dan terkelupas.
  • Menormalkan gigi yang besar sebelah.
  • Merapikan gigi yang retak.
  • Menutupi kekurangan gigi yang bercelah.
  • Merapikan gigi yang tidak selaras, tidak teratur, dan tidak rata.
  • Selain itu, veneer juga biasa digunakan untuk memutihkan warna gigi. Dengan begitu, Anda bisa tampil lebih percaya diri.

Merapikan Gigi Menggunakan Retainer

Opsi lain merapikan gigi selanjutnya yaitu menggunakan retainer. Retainer adalah alat untuk merapikan gigi yang memiliki kesamaan dengan aligner. Namun bedanya, retainer terdapat dua jenis. Pertama yaitu jenis retainer yang bisa dilepas pasang, dan retainer yang bersifat tetap.

Akan tetapi, biasanya Anda akan diminta untuk tidak melepas retainer selama enam bulan. Tujuannya agar hasilnya menjadi lebih optimal. Adapun kelebihan merapikan gigi menggunakan alat ini yaitu sebagai berikut:

  • Alat ini tidak terlihat ketika digunakan. Sehingga pengguna tampak tidak menggunakan alat untuk merapikan gigi.
  • Lebih nyaman saat digunakan untuk menggigit dan juga mengunyah makanan.
  • Ukurannya lebih kecil dan nyaman saat digunakan.
  • Tidak memengaruhi pelafalan pada saat Anda berbicara.
  • Tidak sakit dan ngilu saat digunakan.

Merapikan Gigi dengan Crown Gigi

Mahkota gigi atau crown gigi juga menjadi salah satu metode untuk merapikan kondisi gigi. Proses ini lebih nyaman karena tidak menggunakan metode implan atau tanam gigi ke akar-akarnya.

Crown gigi juga bisa digunakan untuk melindungi gigi dari kerusakan yang lebih parah. Crown gigi juga biasanya digunakan untuk mengembalikan bentuk, kekuatan, dan ukuran gigi. Bahkan juga bisa digunakan untuk melindungi gigi yang rapuh.

Metode ini punya banyak manfaat dan juga kelebihan. Berikut sudah kami rangkum apa saja kelebihan dan juga manfaatnya.

  • Mampu melindungi gigi yang rentan mengalami kerusakan akibat terjadinya pembusukan.
  • Melindungi posisi implan gigi secara optimal.
  • Memperbaiki penampilan yang kurang baik akibat gigi yang patah maupun yang rusak.
  • Digunakan untuk mendukung dan melindungi gigi jika ada gigi yang copot.
  • Menutup gigi yang berubah warna dan juga gigi yang rusak.

Proses pemasangan crown gigi biasanya tergantung dari kondisi gigi pasien. Jadi proses waktu pemasangannya belum bisa dipastikan sebelum Anda konsultasi terlebih dahulu.

Merapikan Gigi dengan Metode Dental Contouring

Proses perawatan gigi dengan dental contouring tergolong cukup rumit. Metode ini yaitu sebuah teknik perawatan gigi dengan cara mengikis sedikit lapisan enamel gigi. Tujuannya yaitu untuk merapikan kondisi gigi.

Adapun kelebihan dari teknik perawatan dental contouring adalah sebagai berikut:

  • Mengubah penampilan gigi menjadi lebih rapi.
  • Tidak menimbulkan rasa ngilu maupun sakit pada saat proses dental contouring berlangsung.
  • Mampu meningkatkan kesehatan gigi secara menyeluruh.
  • Tidak memerlukan proses penyembuhan apapun.
  • Mampu menghilangkan gigi yang tumpang tindih atau tidak sempurna. Dengan begitu plak dan karang gigi akan mudah untuk dibersihkan.

Bagaimana, cukup banyak bukan opsi lain merapikan gigi? Bagi Anda yang ingin merapikannya, kini bisa langsung melalui KLAR Aligner. Di tempat tersebut, gigi Anda akan dirapikan menggunakan aligner berkualitas yang dikerjakan oleh tim orthodontist yang kredibel. 

0 comment

You may also like