Behel dan Aligner Terbaik, Mana yang Lebih Bagus?

by KLAR
a girl with aligner

Gunakan Aligner Terbaik, Alternatif Behel Paling tepat untuk Perawatan Gigi

Dulu untuk bisa mendapatkan gigi yang terlihat rata dan tersusun rapi Anda harus menggunakan kawat gigi atau behel. Saat ini, ada alternatif behel generasi terbaru bernama aligner yang terbuat dari bahan plastik bening. Anda bisa berkonsultasi ke dokter gigi langganan untuk menanyakan berbagai hal mulai dari merk aligner terbaik hingga jangka waktu yang dibutuhkan untuk merapikan gigi yang bermasalah. Aligner memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan behel, diantaranya adalah:

1. Perawatan Lebih Mudah 

Keunggulan kedua yang dimiliki oleh aligner adalah dalam hal perawatan pasca pemasangannya. Saat menggunakan behel, alat ini akan “menempel” pada gigi dan tidak bisa dilepas, kecuali ke dokter gigi. Jadi, segala aktivitas yang berhubungan dengan area mulut dan gigi mau tidak mau harus selalu “didampingi” behel. Untuk membersihkannya pun, Anda harus mengunjungi klinik secara rutin. Sedangkan menggunakan aligner terbaik sebagai alternatif behel, perawatannya justru jauh lebih mudah, diantaranya adalah:

  • Bisa Bongkar Pasang

Pertama, Anda bisa melepas aligner saat makan, minum minuman yang berwarna, dan saat akan sikat gigi. Jadi, tidak akan ada sisa makanan yang menyangkut antara gigi dengan aligner. 

  • Mudah Dibersihkan 
Klar aligner box

Kedua, alat ortodonti modern ini bisa dibersihkan sendiri tanpa harus mendatangi klinik. Caranya adalah dengan menyikatnya secara perlahan dan merendamnya di dalam cairan antiseptik. Hal ini perlu dilakukan demi menjaga kebersihannya setelah digunakan selama lebih dari 20 jam di dalam mulut. 

Kemudian, keringkan aligner dengan menggunakan tisu atau handuk bersih. Pastikan seluruh bagian alat untuk merapikan gigi ini kering seutuhnya lalu simpanlah di tempat yang kering. Dengan demikian, aligner tidak akan ditumbuhi oleh bakteri dan kuman akibat terlalu lembab serta terhindar dari terbentuknya noda dari butiran air yang tersisa. 

2. Biaya Relatif Terjangkau

Dalam hal biaya, antara perawatan gigi jika menggunakan behel dengan aligner memang relatif. Sebagai gambaran, untuk biaya pemasangan behel dibutuhkan dana antara Rp 3,5 juta hingga Rp 11 juta. Ini belum termasuk biaya perawatan rutin setiap kali ada keluhan atau sekadar untuk pembersihan kawat gigi. 

Sedangkan jika menggunakan aligner sebagai cara untuk merapikan gigi, total dana yang dikeluarkan sekitar Rp10 juta. Biaya tersebut sudah termasuk biaya konsultasi awal, pemesanan aligner secara keseluruhan mulai dari proses awal hingga gigi mencapai kondisi yang diinginkan.  

3. Penampilan Tidak Berubah 

a girl smiling with aligner

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, alat ortodonti yang satu ini berbahan plastik bening dengan warna transparan. Jadi, jika Anda menggunakan aligner terbaik sebagai alternatif behel, hal itu tidak akan mengubah penampilan secara drastis seperti saat menggunakan behel. 

Dengan ketebalan sekitar 0,9 milimeter, gigi yang dipasangi aligner akan terlihat normal. Jadi, Anda tidak akan malu atau kurang percaya diri saat akan melakukan aktivitas di depan orang banyak. Misalnya, saat akan melakukan presentasi, melaksanakan akad nikah, dan sebagainya. 

4. Proses Merapikan Gigi Lebih Cepat 

Proses merapikan gigi jauh lebih cepat jika menggunakan aligner dibandingkan dengan behel. Merapikan gigi menggunakan behel akan butuh waktu hingga bertahun-tahun. Sedangkan aligner hanya butuh waktu kurang lebih 6 bulan saja. 

Hal ini dikarenakan behel tidak akan menggerakkan gigi jika kawat gigi tidak sering dikontrol dan dikencangkan oleh dokter, berbeda dengan aligner. Pada saat konsultasi awal dengan dokter, Anda akan mendapatkan simulasi tentang perubahan gigi jika menggunakan aligner. 

Melalui simulasi tersebut, akan terlihat perubahan letak gigi, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk perawatannya, serta jumlah aligner yang akan digunakan. Nantinya, Anda bisa menggantinya sendiri di rumah sesuai dengan jadwal yang telah diberikan oleh dokter. 

5. Jadwal Kontrol Minim 

Satu lagi keunggulan dari behel bahan plastik ini yang membuatnya disukai oleh para penggunanya. Yaitu tidak perlu terlalu sering kontrol ke klinik baik untuk pembersihan aligner maupun pengecekan perkembangan pergerakan gigi. Anda hanya perlu mengambil foto kondisi gigi dan menginformasikannya ke dokter. Hal ini bisa dilakukan beberapa bulan sekali, tidak perlu sebulan sekali seperti jika menggunakan behel dari kawat besi. Setelah mengetahui beberapa keunggulan dari penggunaan aligner sebagai alternatif behel. Anda bisa menentukan pilihan manakah produk yang paling sesuai dan nyaman untuk merapikan gigi. Jika ingin mencari aligner terbaik, Anda bisa menggunakan KLAR aligner. Untuk mengetahui apa saja keunggulannya secara lengkap, Anda bisa konsultasi ke klinik rekanan Klarsmile atau mengunjungi tautan berikut ini https://www.klarsmile.com/id.  

0 comment

You may also like