Cari Tahu Penyebab Gigi Berlubang dan Pencegahannya Yuk!

by KLAR
Penyebab Gigi Berlubang

Permasalahan yang terjadi di dalam mulut dan gigi sangatlah bermacam-macam, mulai dari sariawan, bau mulut, sampai ke gigi yang berlubang. Banyak dari masyarakat menggangap enteng permasalahan gigi yang berlubang karena kurangnya edukasi dan pemahaman.

Bicara mengenai gigi berlubang, jika di biarkan akan menjadi masalah yang berkepanjangan. Hal ini di sebabkan karena kita tidak menjaga kebersihan mulut dan gigi secara baik dan benar.

Bahkan sebagian orang akan mulai memeriksakan giginya ketika si gigi sudah mulai berlubang dan sakit (ngilu) yang sudah berkepanjangan atau parah.

Baca Juga: Bagaimana Clear Aligner Merapikan Gigi Anda?

Gejala yang terjadi berbeda-beda sesuai dengan tingkat keparahan dan lokasi gigi yang berlubang. Saat lubang pada gigi masih berukuran kecil rasa sakit atau ngilu yang dirasakan masih biasa saja.Namun jika sudah semakin besar, gejala yang timbul adalah:

  • Tingkat sensitivitas pada gigi yang meningkat terhadap makanan atau minuman yang manis, asam, panas, maupun dingin.
  • Terganggunya waktu tidur karena di akibatkan oleh rasa ngilu yang luar biasa..
  • Lubang pada gigi semakin jelas dan terlihat.
  • Menyangkutnya makanan pada gigi yang berlubang yang semakin terasa.
  • Bau mulut yang tidak sedap karena pembentukan bakteri yang terdapat pada sisi gigi yang berlubang.
  • Terdapat perubahan warna pada gigi seperti kuning, coklat bahkan hitam.

Gigi yang berlubang ini pada awalnya di mulai dengan adanya plak pada gigi. Plak pada gigi yang menumpuk ini mengandung asam yang jika tidak di perhatikan secara baik dan benar akan mulai mengikis lapisan gigi sampai terjadinya lubang. Selain hal tersebut ada juga penyebab lainnya seperti:

  • Seringnya mengkonsumsi makanan dan minuman manis dan asam.
  • Mulut yang kering.
  • Mengalami gangguan makan dan penyakit asam lambung.
  • Bertambahannya usia.
  • Jarangnya menyikat gigi.

Baca Juga: Apakah Saya Cocok Untuk Menggunakan Clear Aligner?

Jika sudah mengalami gangguan gigi yang berlubang tidak perlu khawatir, kita masih bisa:

Filling

Filling ialah tindakan yang umum dilakukan bagi orang yang mempunyai gigi yang berlubang. Gigi yang berlubang sebelumnya di bersihkan terlebih dahulu dari plak-plak dan kotoran yang tersisa lalu di isi dengan bahan-bahan khusus seperti komposit resin, porselen, perak bahkan bisa dilapisi oleh emas.

Crown Gigi

Perawatan ini dapat menjadi salah satu cara untuk memperbaiki dan memberi perlindungan pada gigi. Metode ini dilakukan dengan cara memasangkan selubung gigi palsu diatas gigi yang berlubang ataupun yang sudah rusak agar terlihat seperti sediakala.

Root Canal

Atau yang sering disebut dengan perawatan saluran akar gigi. Solusi ini dilakukan jika kondisi gigi sudah berlubang terlalu parah sampai terkena akar gigi. Tindakan ini memerlukan beberapa kali perawatan sampai pada akhirnya akan di tambal dengan tambalan permanen. Namum jika kondisi gigi sudah tidak bisa di selamatkan maka dokter gigi akan melakukan tindakan pencabutan gigi.

Nah itulah beberapa penyebab utama gigi kamu berlubang dan cara pencegahan serta perawatannya. Mulai dari sekarang, yuk jaga kebersihan gigi kamu agar terhindar dari lubang yang menganggu.

0 comment

You may also like