Gigi Anak Berantakan? Aligner untuk Anak Bisa Jadi Solusi yang Tepat!

by KLAR
Gigi Anak Berantakan? Aligner untuk Anak Bisa Jadi Solusi yang Tepat!

Aligner untuk Anak, Solusi Gigi Berantakan

Perawatan gigi harus dilakukan sedini mungkin bahkan saat masih usia anak-anak. Jika gigi dirawat sejak dini maka pertumbuhannya ke depan bisa berjalan dengan baik dan normal. Salah satu masalah gigi anak yang perlu dirawat sedini mungkin adalah gigi yang tumbuh berantakan. Orang tua bisa mencoba solusi pemakaian aligner untuk anak agar pertumbuhan gigi menjadi lebih teratur.

Tentang Aligner

Mari berkenalan dulu dengan aligner yang disebut sebagai solusi terbaik dan aman untuk merapikan gigi. Aligner atau biasa juga dikenal sebagai clear aligner merupakan alat perapi susunan gigi yang dibuat dari bahan plastik. Alat ini cukup tipis sehingga sangat nyaman untuk digunakan dan cocok bagi anak-anak. 

Kondisi gigi berantakan pada anak harus diatasi sejak dini. Meskipun masih merupakan gigi susu, namun pengaturan gigi sangat penting untuk dilakukan. Jika gigi susu diatur dan dirawat sebaik mungkin maka pertumbuhan gigi permanen juga akan berjalan dengan baik. Jadi, jangan menganggap bahwa pengaturan gigi susu tidak berguna karena pada akhirnya akan tanggal juga.

Aligner menjadi alat yang sangat ideal digunakan untuk memperbaiki posisi atau arah tumbuhnya gigi. Alat ini bisa mengatasi masalah gigi yang tumbuh berjejal, gigi bercelah, serta gigi yang mengalami gigitan terbuka. Dibutuhkan konsultasi dan arahan dari dokter untuk mengetahui seperti apa pemakaian aligner yang tepat sesuai masalah gigi.

Pemakaian Aligner pada Anak

Penggunaan alat aligner untuk anak ini dinilai sangat efisien. Dibandingkan behel yang selama ini dikenal efektif untuk mengatasi pertumbuhan gigi berjejal, aligner lebih disarankan bagi anak. Berikut adalah beberapa kelebihan pemakaian alat ini untuk mengatasi pertumbuhan gigi yang berantakan pada anak:

1. Nyaman Dipakai

Dibandingkan behel, alat perapi ini terhitung lebih nyaman untuk dipakai. Anak-anak biasanya mudah merasa risih jika memakai alat perawatan yang terlalu berat seperti behel. Bagi anak-anak yang aktif dan enggan memakai alat perawatan berat, aligner ini bisa dijadikan pilihan.

Alat ini bisa dilepas pasang dengan mudah sehingga anak bisa melepasnya ketika makan lalu menggunakannya kembali. Alat ini juga tipis sehingga tidak akan terasa mengganjal saat dikenakan. Cocok sekali bagi anak-anak yang sangat sensitif terhadap perubahan kecil di dalam tubuhnya.

2. Pemakaian Mudah

Lain halnya dengan behel, proses pemakaian aligner jauh lebih praktis dan mudah. Alat ini dapat dipasang tanpa menimbulkan rasa sakit. Bahkan pasien bisa memakainya sendiri kapan saja tanpa intervensi alat maupun dokter. Hal ini tentu akan menimbulkan rasa nyaman bagi pasien anak yang biasanya sulit untuk diajak ke dokter gigi.

Anak bahkan bisa memakai alat ini sendiri sesuai arahan dari orang tua. Pemakaian yang mudah dan praktis ini akan membuat anak merasa nyaman selama masa perawatan. Namun pastikan anak tidak melepaskan aligner terlalu sering agar efektivitas perawatan tidak berkurang. 

3. Metode Konsultasi Mudah

Penggunaan alat ini harus dilakukan berdasarkan konsultasi dengan dokter. Tapi tenang, proses konsultasi dengan dokter untuk memakai aligner ini tergolong mudah. Bahkan saat ini ada layanan yang bisa dimanfaatkan agar pasien bisa berkonsultasi masalah pemakaian aligner secara online.

Metode konsultasi online ini memungkinkan bagi pasien yang ingin menggunakan aligner. Apalagi bagi pasien anak yang tergolong sulit untuk diajak kooperatif dengan dokter gigi. Melakukan konsultasi ke dokter gigi dengan anak biasanya membutuhkan effort yang besar. Dengan cara ini maka konsultasi lebih mudah untuk dilakukan dan bisa berjalan lebih efektif.

4. Biaya Lebih Murah

Aligner merupakan alat perawatan gigi yang harganya relatif lebih murah dibandingkan behel. Proses perawatan dan pemeliharaannya juga lebih terjangkau sehingga akan sangat meringankan Anda. Meskipun lebih terjangkau, namun efektivitas alat ini tetap bisa disandingkan.

Harga yang lebih terjangkau tidak berarti membuat aligner ini berkualitas lebih buruk. Aligner tetap merupakan alat yang pemakaiannya di bawah pengawasan dokter gigi. Penggunaan aligner untuk anak tidak dilakukan secara legal melainkan memang berdasarkan aturan dan konsultasi dari dokter gigi yang profesional.

5. Hemat Waktu Perawatan

Tidak seperti behel yang membutuhkan waktu bertahun-tahun dalam proses merapikan gigi, Aligner membutuhkan waktu perawatan yang singkat. Rata-rata pasien yang menggunakan aligner membutuhkan durasi pemakaian 3 hingga 6 bulan saja. Tentunya ini sangat mempermudah bagi anak-anak yang biasanya enggan menerima perawatan dalam jangka waktu lama. 

Apalagi bagi pasien anak yang gigi-giginya masih merupakan gigi susu. Jenis gigi susu ini cenderung lebih mudah untuk diatur dan diubah posisinya sehingga durasi perawatan bisa saja berjalan lebih singkat. Efektivitas penggunaan aligner dalam waktu yang singkat ini tentu di bawah pengawasan dokter profesional. Selain itu, hasil yang optimal juga bisa didapatkan jika pasien kooperatif dan mau memakai alat ini sesuai dengan arahan. Itulah tadi pembahasan singkat mengenai penggunaan aligner untuk anak. Demi mendapatkan gigi geligi yang rapi dan tidak berjejal, Anda bisa memanfaatkan penggunaan produk aligner Klarsmile. Segera cari tahu lebih jauh mengenai produk aligner ini melalui website klarsmile.com/id.

0 comment

You may also like