Gigi Tonggos? Kok Bisa Yah??

by KLAR
Kok Bisa Tonggos?

Memiliki penampilan yang oke bukan hanya dari pakaian apa yang kita gunakan, akan tetapi sesuatu yang sudah diberikan oleh Tuhan juga dapat meningkatkan penampilan diri. Namun, bagaimana jika kita memiliki kekurangan dari segi fisik khususnya memiliki gigi yang tonggos atau maju ke depan?

Pastinya sebagian dari kita merasakan kepercayaan dirinya menurun. Bukan hanya merusak penampilan, memiliki gigi tonggos juga dapat mengganggu ketika kita sedang mengunyah.

Faktor utama penyebab gigi tonggos sendiri ialah genetika dari generasi ke generasi lainnya. Namun bukan hanya sekedar genetika akan tetapi ada faktor-faktor lainnya yang menyebabkan gigi dapat tumbuh lebih maju daripada mestinya.

Berikut adalah beberapa hal yang membuat gigi menjadi tonggos. Apa sajakah?

Kebiasaan Menghisap Jempol atau Dotting Saat Masih Kecil

Jangan menganggap anak nakal jika mereka mulai mempunyai kebiasaan baru yaitu menghisap jempol. Hal ini tidak dapat dihindari, tapi Anda harus khawatir akan kebiasaan ini. Mengapa? Dikarenakan jika anak mulai menghisap jempol mengakibatkan tekanan pada otot pipi sehingga dapat mendorong rahang dan gigi lebih maju ke depan.

Tidak hanya menghisap jempol, dotting juga memiliki dampak yang buruk. Apalagi jika dilakukan terus-terusan. Hal ini dapat membuat anak memiliki kebiasaan jelek dan cukup menyebalkan. Maka dari itu, kita harus lebih memperhatikan tingkah mereka agar pertumbuhan giginya menjadi bagus dan tidak tonggos.

Baca Juga: PILIH ALIGNER ATAU KAWAT GIGI? CARI TAHU YUK PERBEDAANNYA!

Ukuran Mulut Terlalu Kecil

Jika keadaan mulut yang terlalu kecil, bisa jadi mengakibatkan gigi tonggos karena adanya tumpang tindih antara setiap gigi. Kemungkinan yang cukup besar juga jika gigi susu belum lepas namun gigi permanen sudah tumbuh.

Perbedaan Rahang Atas Dan Bawah

Perbedaan bentuk rahang atas dan bawah atau bisa dibilang malformasi menjadi salah satu faktor gigi menjadi tonggos. Jika rahang atas lebih maju ke depan, maka gigi bagian atas biasanya berada pada posisi di depan gigi bawah. Demikian pula sebaliknya, jika gigi bawah bisa maju mendahului gigi atas jika rahang bawah yang menonjol keluar.

Baca Juga: WASPADA AKAN BAHAYANYA GIGI GINGSUL

Tumor Dan Kista Di Mulut Atau Rahang

Walaupun bukan menjadi acuan jika memiliki tonggos terdapat tumor dan kista namun bisa menjadi salah satu gejala dari penyakit tersebut dikarenakan tumor atau kista tumbuh di rongga mulut ataupun rahang mendorong gigi tumbuh lebih maju. Akan tetapi, hal tersebut jarang terjadi.

Gigi yang tonggos memang terkadang membuat malu bagi si empunya, akan tetapi jika penanganannya tepat dan benar maka memiliki gigi rata bukanlah sekedar impian. Jika gigimu sekarang dalam keadaan cukup tidak rapi atau sudah mengganggu bukan hanya penampilan bahkan kesehatan mulut, lebih baik segera melakukan pemeriksaan ke dokter gigi sekitar kamu ya!

0 comment

You may also like