Hal yang Akan Terjadi Jika Kamu Malas Menyikat Gigi

by KLAR
Malas Sikat Gigi? Hal Ini Akan Terjadi!

Menyikat gigi harus dibiasakan sedari kecil. Kita harus membuat kegiatan ini menjadi sebuah keharusan agar kesehatan gigi bisa terjaga dengan baik. Biasanya kita akan menyikat gigi sehari 2 kali, di pagi hari sebelum beraktivitas dan di makan hari setelah melakukan aktivitas.

Akan tetapi jangan sampai kebiasaan baik ini hanya sekedar menjadi rutinitas tanpa mengetahui cara menyikat gigi yang baik dan benar ya! Apalagi tanpa mengetahui manfaat baik dari menyikat gigi. Tapi pernahkah kalian tahu apasih yang akan terjadi jika kita malas menyikat gigi?

Bukan hanya berdampak pada kesehatan gigi dan mulut saja, namun ada dampak lain yang cukup membahayakan di jangka panjang. Yuk kita pelajari lebih dalam hal-hal apa saja yang akan terjadi jika kita malas menyikat gigi!

Bau Mulut

Duh, siapa sih yang malas jika lawan bicara kita memiliki bau nafas yang kurang sedap?

Malas menyikat gigi dapat menyebabkan bau mulut. Bukan hanya membuat diri tidak nyaman akan tetapi menggangu orang disekitar kita. Bau mulut disebabkan oleh senyawa volatile sulfur compound yang berasal dari bakteri saat kondisinya sedang kotor / tidak bersih. Maka dari itu, jika tidak ingin memiliki mulut yang bau, kita harus rajin menyikat gigi dan rajin berkumur.

Baca Juga: HARI GINI KOK MASIH BAU MULUT??

Karang Gigi

Kebiasaan tidak menyikat gigi akan membuat sisa makanan menjadi plak. Jika sudah dirasa karang gigi mulai menumpuk maka kita wajib melakukan pembersihan karang gigi atau yang biasa disebut scaling. Jika terus-menerus dibiarkan maka akan menyebabkan radang gusi dan gusi akan menjadi mudah berdarah jika terkena sikat gigi. Bahaya lainnya? Gigi menjadi cepat keropos! Masa masih muda sudah ompong? Gak mau kan itu terjadi?

Baca Juga: CARI TAHU PENYEBAB GIGI BERLUBANG DAN PENCEGAHANNYA YUK!

Gigi Berlubang

Hal yang paling sering ditemui jika kita malas menyikat gigi adalah pembentukan lubang pada gigi. Loh kok bisa? Iya, hal ini terjadi karena adanya kerusakan pada email gigi dan hal ini terjadi akibat bakteri pada mulut dan kebersihan mulut yang sangat kurang dijaga. Jika kita biarkan lama kelamaan gigi yang berlubang ini akan menjadi infeksi dan harus dilakukan tindakan pencabutan. Oleh karena itu, kita harus rajin melakukan pemeriksaan pada gigi dan juga merawatnya dengan menyikat gigi secara rutin.

Baca Juga: 3 CARA MENJAGA GIGI DAN GUSI AGAR TETAP SEHAT

Komplikasi

Jika kita hanya mengetahui dampak yang disebabkan jika malas sikat gigi hanya seputar gigi dan mulut, kita salah. Karena dampak yang di sebabkan oleh malas menyikat gigi ini bisa sampai menjadi komplikasi penyakit. Penyakit yang berat seperti jantung, infeksi paru-paru bahkan sampai kanker hati bisa terjadi. Loh masa bisa sih sampai komplikasi? Tentu saja bisa! Ini terjadi akibat kuman atau bakteri yang dapat menyebar bukan hanya ke bagian mulut dan gigi saja, namun akan mengganggu alat vital yang ada di dalam tubuh.

Nah itulah beberapa penyakit yang akan terjadi pada kita jika malas menggosok gigi secara rutin. Pastikan kita menyikat gigi secara tepat dengan menggunakan sikat gigi serta pasta gigi yang sesuai dengan anjuran dokter, serta jangan malas untuk berkonsultasi secara berkala ke dokter gigi kalian ya!

0 comment

You may also like