Inilah Solusi Terbaik untuk Merapikan Gigi dengan Perawatan yang Lebih Mudah

by KLAR
wanita tersenyum dengan gigi rapi

Cara Terbaik Merapikan Gigi yang Perlu Kamu Tahu

Kamu menginginkan senyum yang sempurna, tetapi tidak ingin memakai kawat gigi selama 18 bulan atau lebih. Selain itu, penggunaan kawat gigi bisa juga mengurangi rasa percaya diri lantaran terlihat terlalu mencolok jika kamu memilih untuk menggunakan yang berbahan metal. 

Menurut Ortodontis, gigi akan menyesuaikan posisinya ketika tekanan stabil diterapkan. Umumnya, untuk merapikan gigi, alat yang digunakan oleh ortodontis adalah aligner dan retainer. Operasi gigi biasanya dicadangkan untuk kasus dengan masalah gigi yang sudah parah.

6 Cara Mudah untuk Meluruskan Gigi Tanpa Kawat Gigi

Jika kamu mencari alternatif untuk kawat gigi, ada beberapa pilihan yang tersedia, di antaranya: 

1. Incognito Hidden Braces  

Incognito hidden braces, itu nama yang biasa dipakai dalam medis. Secara teknis, metode ini masih dalam bagian kawat gigi, tetapi orang tidak akan tahu kalau kamu memilikinya di mulut. Hal ini karena kawat gigi incognito tersembunyi yang dipasang di sisi belakang gigi. Letaknya yang berada di belakang, akan membuat kamu bisa tersenyum lebar tanpa harus takut orang-orang akan melihat behel yang tengah dikenakan. Bahkan, kamu bisa percaya diri untuk berbicara dengan orang. 

Untuk pemasangannya, kamu bisa berkonsultasi dulu dengan ortodontis pilihan kemudian melakukan janji untuk pemasangannya. Biasanya, ortodonti akan mengecek dulu kerusakan gigi yang kamu alami sebelum memutuskan untuk memasangnya. 

2. Retainers 

Umumnya, agar bisa memasang retainer, kamu perlu berkonsultasi dulu dengan ortodontis, yaitu dokter spesialis untuk masalah perapian gigi. Dokter nantinya akan mengecek kondisi kesehatan gigi dan melakukan beberapa terapi agar gigi semakin kuat dan siap untuk dipasangkan retainer. 

Dari segi estetika, retainer berwarna transparan dan pas di seluruh lengkungan mulut. Ini membuatnya jauh lebih tidak terlihat daripada kawat gigi tradisional. Jenis alat ortodontik ini juga jauh lebih murah daripada kawat gigi.

Ini mungkin terdengar seperti pilihan yang menarik jika kamu mencari alternatif untuk pengganti kawat gigi, tetapi ingat jika retainer hanya dapat bekerja setelah dilakukan perbaiki gigi minimum. 

3. Headgear 

Jenis alat ortodontik ini secara tradisional digunakan untuk mengoreksi overbite yang ekstrim. Headgear memberi tekanan pada gigi atas di rahang. Tergantung pada apa yang dibutuhkan, Headgear akan digunakan untuk menahan gigi pada posisi tertentu atau untuk memindahkannya ke posisi yang benar. 

Dalam pemakaiannya, Headgear dapat dilepas sendiri. Untuk itu, agar tujuan merapikan gigi bisa tercapai, kamu harus memakainya selama beberapa jam tertentu setiap hari. Sewaktu pemasangan di awal, dokter gigi kamu pasti akan memberikan instruksi khusus tentang hal ini. Jadi, jangan khawatir dan takut untuk memasangnya ya. 

4. Veneer

Kedokteran gigi yang bersifat kosmetis juga menawarkan alternatif lain untuk mengoreksi senyum seseorang tanpa perlu menggunakan behel. Secara khusus, teknik yang disarankan adalah pemakaian veneer yang berbahan porselen. 

Veneer adalah cangkang tipis porselen keras yang direkatkan secara permanen ke bagian depan gigi. Kamu dapat menggunakannya untuk memperbaiki gigi yang bengkok, berubah warna, tidak sejajar, terkelupas, atau memiliki masalah jarak. Veneer gigi sangat kuat dan sangat tahan terhadap pewarnaan. 

Jika kamu mencari alternatif untuk kawat gigi yang akan memberikan hasil dalam waktu singkat, veneer gigi adalah pilihan yang tepat. Karena veneer bersifat permanen, maka seorang dokter gigi akan menghilangkan enamel permukaan untuk menempelkan veneer ke gigi. 

Ketika kamu sudah mengenakan veneer, tahap selanjutnya adalah perawatan dan menggantinya setiap 5 hingga 10 tahun. 

5. Invisalign 

Inilah pilihan yang sangat populer untuk orang dewasa yang membutuhkan perawatan ortodontik. Jika kamu belum familier dengan Invisalign, ini adalah retainer plastik bening yang digunakan untuk meluruskan gigi tanpa perlu behel. 

Untuk Invisalign, dokter gigi atau ortodontis akan mengambil peta 3D mulut di awal perawatan. Kemudian serangkaian aligner akan dibuat berdasarkan peta 3D tersebut. Aligner dipakai selama kurang lebih 20 hingga 22 jam per hari dan dapat dilepas ketika makan atau sikat gigi. Aligner harus diganti setiap satu minggu sekali, tujuannya agar gigi dapat bergerak secara lembut ke posisi yang benar. 

6. Invisible Aligners

Impresi adalah alternatif rumah untuk kawat gigi logam tradisional yang dikembangkan oleh Dr. Roberts dari Blue Ridge Orthodontics di Asheville. Sebagai penyedia Invisalign tingkat berlian, Dr. Roberts ingin mengembangkan cara untuk menyediakan perawatan ortodontik yang terjangkau bagi lebih banyak orang dewasa. Dengan Invisible Aligner sekarang kamu dapat merapikan gigi di rumah dengan setengah biaya pemakaian kawat gigi logam tradisional. 

Untuk memulai perawatan, kamu masih akan datang ke klinik partner KLAR untuk mendapatkan pemindaian 3D gigi agar dapat melakukan pemasangan aligner yang tepat. Kamu pun bisa melakukan perawatan secara mandiri dengan rajin membersihkannya. 

Nah, itulah solusi yang bisa kamu lakukan untuk merapikan gigi selain menggunakan behel. Jika kamu memilih opsi 5 atau 6, kamu bisa menggunakan KLAR Aligner yang sudah terbukti akan kualitasnya. Merk buatan lokal ini sudah dipercaya oleh para ortodontis untuk membantu kamu meluruskan kembali gigi-gigi yang tidak sejajar. 

0 comment

You may also like