Home Kesehatan Gigi Inilah 5 Keunggulan Aligner Dibanding Kawat Gigi!

Inilah 5 Keunggulan Aligner Dibanding Kawat Gigi!

by KLAR

Memiliki kondisi gigi yang berantakan bukan hanya menimbulkan rasa tidak nyaman, tetapi juga dapat mengganggu kesehatan dan penampilan. Kondisi gigi yang berantakan ini disebut juga sebagai maloklusi di dalam dunia medis. Maloklusi sebenarnya bukan suatu penyakit, tetapi bila tidak dirawat dapat menimbulkan gangguan pada proses mengunyah, menelan, bicara, dan keserasian wajah, yang mungkin berakibat pada gangguan fisik maupun mental. (Hubungan Maloklusi Gigi dengan Kualitas Hidup Remaja Usia 12-14 Tahun di SMP Negeri 29 Semarang, 2019)

Selain gangguan yang disebutkan itu, gigi yang berantakan juga dapat berpengaruh pada kondisi kesehatan lainnya, seperti mengubah bentuk wajah, kesulitan mengunyah dan berbicara. Untuk itu, agar dampak yang ditimbulkan tidak semakin parah, maka dianjurkan melakukan perawatan untuk merapikan gigi, salah duanya adalah aligner dan kawat gigi. Namun, sebelum kita mengetahui apa keunggulan aligner dibanding kawat gigi, mari kita simak terlebih dahulu perbedaanya di bawah ini.

Beda Kawat Gigi dan Aligner

Untuk mengatasi kondisi maloklusi, dokter gigi telah memiliki berbagai perawatan merapikan gigi. Dua cara paling umum adalah dengan menggunakan kawat gigi dan aligner. Sudahkah Klar Friends mengenal keduanya?

Kawat gigi atau biasa dikenal dengan behel adalah alat bantu ortodonti yang digunakan untuk mendapatkan susunan gigi yang ideal. Behel bekerja dengan cara memberikan tekanan ke gigi untuk secara perlahan sehingga bergerak ke posisi idealnya.

Sementara aligner merupakan plastik bening yang dicetak khusus sesuai bentuk gigi dan akan bekerja memberi tekanan pada gigi yang bermasalah agar bergeser ke posisi yang sesuai. 

Perlu diingat, pemasangan kawat gigi atau aligner merupakan prosedur medis yang harus dilakukan oleh profesional. Jika dilakukan secara sembarangan, akan berakibat tak hanya pada kesehatan rongga mulut, tapi juga ke bagian tubuh lainnya.

Keunggulan Aligner Dibanding Kawat Gigi

Well, meski keduanya memiliki fungsi yang sama, namun ada beberapa keuntungan apabila menggunakan aligner. Supaya lebih jelas, mari simak beberapa keunggulan yang dimiliki aligner!

1. Perawatan lebih mudah

Tentu Klar Friends sudah tahu jika penggunaan kawat gigi akan terus “menempel” pada gigi dan tidak bisa dilepas, kecuali saat penggantian karet atau memperbaiki letak alat ke dokter gigi. Ini membuat pasien mau tidak mau harus mengunjungi klinik secara rutin. Hal tersebut tidak akan kamu alami jika menggunakan aligner. Sebab, aligner dapat dengan mudah dilepas pasang dan cukup mencuci dengan air untuk membersihkannya.

2. Tak mengubah penampilan

Aligner merupakan alat ortodonti berbahan plastik bening dengan warna transparan yang dicetak mengikuti struktur gigi. Dengan bentuk yang transparan tersebut, tidak akan mengganggu penampilan. Berbeda dengan kawat gigi yang jelas terlihat pada saat dipakai dan tidak sedikit pula penggunanya yang merasa terganggu.

3. Bisa dilepas pasang

Tidak seperti kawat gigi yang harus selalu terpasang di gigi, kamu bisa melepas aligner saat makan. Sehingga, kamu akan merasa lebih nyaman saat makan dan tidak ada makanan yang tersangkut di gigi seperti ketika menggunakan kawat gigi. Seperti yang kita tahu, sisa makanan yang tersangkut jika dibiarkan dapat menyebabkan penumpukan plak dan membuat gigi mudah berlubang.

4. Proses perawatan cepat

Memiliki gigi rapi dengan proses yang cepat bukanlah hal yang mustahil dengan menggunakan aligner. Proses merapikan gigi menggunakan aligner biasanya jauh lebih cepat dibandingkan dengan kawat gigi konvensional. Pasien yang menggunakan aligner hanya memerlukan waktu sekitar 3-16 bulan untuk merapikan gigi, tergantung kondisi gigi yang dialami. Durasi ini jauh lebih singkat dibandingkan dengan kawat gigi yang umumnya membutuhkan waktu minimal 1 tahun pemakaian.

5. Tak perlu sering kontrol ke dokter

Sama seperti proses merapikan gigi dengan kawat gigi, sebenarnya kamu juga harus kontrol ketika proses merapikan gigi menggunakan aligner. Meski begitu, proses mengontrol kondisi gigi dan aligner ini tidak terlalu sering seperti penggunaan kawat gigi. Sebab, tim orthodontis telah merancang sepaket aligner dengan hasil cetakan gigimu dalam beberapa rangkaian, berdasarkan durasi waktu dan pergeseran gigi.  Jika Klar Friends merupakan pengguna dari Klar Aligner, kamu bisa memanfaatkan Klar Smile App untuk melakukan kontrol secara online dari smartphone. Dalam Klar Smile App, kamu bisa memonitor lama penggunaan Klar Aligner setiap harinya. Tidak hanya itu, tersedia pula fitur pengingat jika sudah waktunya untuk mengganti aligner. Sangat praktis, bukan? Klar Smile App sudah tersedia di Play Store dan App Store.

Setelah mengetahui berbagai keunggulan aligner dibanding kawat gigi, jadi semakin yakin untuk merapikan gigi dengan aligner, kan? Meski memiliki fungsi yang sama, namun ternyata terdapat banyak keunggulan jika kamu menggunakan aligner. Nah, bagi Klar Friends yang tertarik menggunakan aligner, Klar Aligner bisa menjadi pilihan! Selain memiliki keunggulan di atas, Klar Aligner juga dikerjakan oleh orthodontis yang telah tersertifikasi dengan teknologi canggih. Dengan begitu, kamu pun jadi semakin siap tebar senyum menawan seperti Maudy Ayunda, deh!

Apabila masih ada hal yang ingin ditanyakan lebih lanjut, kamu bisa langsung konsultasi online gratis dengan dokter gigi di website Klar.

0 comment

You may also like