Perhatikan 5 Hal Berikut Jika Ingin Menggunakan Aligner

by KLAR
Menggunakan Aligner

Gigi yang berantakan saat ini bukanlah hal yang memalukan karena sekarang ini banyak sekali cara untuk merapihkan dan meratakannya. Pilihannya pun beragam. Namun menggunakan aligner saat ini menjadikan pilihan bagi mereka yang menginginkan gigi yang rata dengan tujuan menjaga kesehatan mulut dan mengedepankan penampilannya.

Tapi, kita tidak boleh sembarangan. Sebelum kita benar-benar memutuskan ingin menggunakan aligner, alangkah baiknya untuk memperhatikan hal-hal berikut:

Baca Juga: APAKAH SAYA COCOK UNTUK MENGGUNAKAN CLEAR ALIGNER?

Konsultasikan Dahulu Ke Dokter Gigi

Sebelum ingin melakukan tindakan terhadap gigi kalian, sebelumnya kalian wajib untuk berkonsultasi terlebih dahulu. Dokter pastinya akan merekomendasikan apa yang harus dilakukan. Konsultasi dengan dokterpun akan membuat kita lebih mengetahui kondisi gigi dan mulut. Jika memang aligner adalah pilihan yang tepat, pastinya dokter akan menjelaskan secara terperinci mengenai aligner tersebut dan kita mempunyai pengetahuan lebih mengenai apa yang kita pakai nantinya.

Tidak Semua Masalah Gigi Bisa Diatasi

Menginginkan gigi yang rata dan rapih ialah impian semua orang dan bisa dapat didapatkan dengan menggunakan aligner. Akan tetapi tidak semua bentuk dan permasalahan gigi dapat diatasi oleh aligner. Gigi gingsul akan lebih sulit dirapihkan karena daya untuk meratakan gigi harus cukup kuat maka proses dengan menggunakan aligner pun akan kurang efektif dilakukan. Selain itu jika memiliki gigi yang berlubang, dianjurkan untuk melakukan penambalan atau filling terlebih dahulu.

Baca Juga: PILIH ALIGNER ATAU KAWAT GIGI? CARI TAHU YUK PERBEDAANNYA!

Pemakaian Aligner Tergolong Singkat

Jika dibandingkan dengan penggunaan kawat gigi, waktu yang diperlukan untuk merapihkan gigi dengan aligner termasuk singkat. Cukup dengan 6-18 bulan, kalian sudah mendapatkan gigi yang rapih dan juga rata. Perlu diingat, proses pemakaian aligner sendiri pastinya tergantung dengan kondisi gigi kalian sendiri.

Aligner Dapat Dilepas dan Dipasang

Sebagaimana yang kita ketahui, keunggulan aligner ialah dapat dilepas pasang. Bahan yang digunakan juga elastis karena menggunakan plastik. Kita wajib melepaskan saat ingin makan dan sebisa mungkin dapat digunakan sesering mungkin. Namun, jika kita kurang teliti dan detail dalam menaruh aligner malah dapat mengakibatkan gigi terkena bakteri dari tempat penyimpanan. Selain itu, mulut wajib dalam keadaan bersih dan juga tetap melakukan flossing. Ketika sesudah melepaskan aligner, wajib membersihkannya dengan cara menyikat dengan pasta gigi dan juga perlu membilas baik sebelum maupun sesudah menggunakannya.

Baca Juga: TIPS MENJAGA KEBERSIHAN CLEAR ALIGNER ANDA

Harganya yang Terjangkau

Banyak orang yang sekarang lebih memilih menggunakan aligner dikarenakan harga yang masih termasuk murah. Proses aligner sendiri sebenarnya dapat dilakukan di rumah saja, kita hanya perlu mencetak lalu mengirimkan kembali dan hasilnya bisa kita langsung pakai setelah jadi. Pertemuan antara dokter dan pasien pun hanya beberapa kali saja untuk melihat perkembangan secara langsung.

Gigi yang rapih pastinya impian semua orang akan tetapi kita juga harus dapat bertanggung jawab dengan pilihan kita supaya hasil dapat menjadi maksimal. Selalu konsultasikan kebutuhan kamu ke dokter gigi ya!

0 comment

You may also like