Pilih Aligner atau Kawat Gigi? Cari Tahu Yuk Perbedaannya!

by KLAR
Perbedaan Aligner atau Kawat Gigi

Kalo make aligner sakit seperti menggunakan kawat gigi gak ya?

Netizen #1

Duuuh, bingung mau make aligner atau kawat gigi ya?

Netizen #2

Katanya make aligner lebih cepet loh hasilnya!

Netizen #3

Menginginkan gigi rata yang rapih nan sehat baik untuk kesehatan bahkan penampilan pasti mempunyai banyak pertimbangan. Terlebih metode-metode yang ada sekarang cukup beragam.

Untuk penggunaan kawat gigi pastinya sudah menjadi pilihan terbaik karena metode ini sudah dikenal cukup lama. Namun, jika kita lebih mencari tau lagi ada yang namanya Aligner.

Walaupun tujuannya sama ialah untuk merapihkan dan membuat gigi rata, namun metode tersebut mempunyai perbedaan. Kira-kira perbedaan apa saja ya yang terdapat pada kawat gigi dan aligner ini?

Baca Juga: EITS! JANGAN PERNAH MENYEPELEKAN RETAINER YA!

Tampilan

Seperti yang kita ketahui penggunaan kawat gigi akan terlihat jelas dikarenakan kawat gigi menggunakan braket logam yang direkatkan ke gigi lalu diikat menggunakan kawat dan karet pada tiap gigi. Akan tetapi, lain halnya dengan aligner yang terbuat dari plastik yang tak terlihat. Hal ini menjadikan aligner telihat lebih enak di pandang dibandingkan dengan kawat gigi. Tenang saja, plastik yang digunakan aman dan tidak berbahaya kok.

Waktu Perawatan

Karena penggunaan kawat gigi permanen maka harus dipakai setiap setiap hari dan waktu yang dibutuhkan sampai gigi menjadi rapi dan rata. Pemakaian kawat gigi lumayan lama, biasanya bisa 2 sampai 3 tahun tergantung dengan tingkat kesulitan gigi. Berbeda dengan aligner yang bisa kita lepas pasang, penggunaan minimal perhari ialah 22 jam atau bisa digunakan sepanjang hari. Walaupun penggunaan aligner cukup singkat bukan berarti memerlukan waktu yang lama untuk membuat gigi rata, aligner tergolong cepat untuk merapikan gigi hanya dalam waktu 6-18 bulan.

Baca Juga: INGIN PAKAI ALIGNER? BERIKUT KEUNTUNGAN YANG DIBERIKAN!

Kenyamanan

Jika kita mendengar kerabat kita yang menggunakan kawat gigi, mereka pasti mengeluhkan kenyamanan penggunaan. Pastinya penggunaan kawat gigi kurang nyaman bahkan ada yang kesulitan untuk makan dikarenakan kawat logam yang dapat menyebabkan iritasi ringan pada gigi, gusi dan bibir bagian dalam bagi penggunanya. Kenyamanan pasti dirasakan pengguna aligner dikarenakan aligner tidak mengenai gusi.

Harga

Setiap cara pasti mempunyai harganya tersendiri, jika kawat gigi dapat dibandrol dari harga Rp. 7.500.000 sampai dengan puluhan juta. Untuk aligner sendiri bisa didapatkan dari harga Rp. 9.000.000. Perlu diingat juga setiap konsultasi pasti memerlukan biaya tambahan, jadi siapkan uang lebih untuk konsultasi rutin baik penggantian karet gigi, penggantian aligner bahkan pencabutan gigi bilamana dibutuhkan.

Baca Juga: BAGAIMANA CLEAR ALIGNER MERAPIKAN GIGI ANDA?

Nah kira-kira itulah perbedaan mendasar ketika ingin merapikan atau membuat gigi jadi rata. Memang, kawat / behel dan aligner memiliki keunggulan masing-masing. Akan tetapi tujuannya tetap sama, yaitu membuat gigi menjadi lebih rapi dan tentunya enak dipandang.

Kira-kira, kalian ingin menggunakan kawat atau aligner nih kira-kira?

0 comment

You may also like