Solusi Cerdas Perawatan Pengganti Behel dengan Harga Terjangkau

by KLAR
woman using clear aligner

Kini, Kamu Tahu Kalau Perawatan Pengganti Behel dengan Aligner Begitu Terjangkau

Selain sehat dan bersih, masalah gigi yang tidak rapi bisa mengurangi rasa percaya diri untuk berinteraksi atau tampil di publik. Ujungnya pun minder dan enggan bersosialisasi dengan dunia luar. Ingin memasang behel, tapi takut tidak nyaman dan tidak percaya diri. Lantas, apa perawatan pengganti behel yang tepat? 

Alternatif Pengganti Behel, Salah Satunya Aligner

Saat ini, ada behel transparan yang tidak akan terlihat mencolok jika kamu menggunakannya. Bahan-bahan yang beredar di pasaran pun terbilang aman untuk kesehatan gigi. Ada 4 jenis yang masuk perawatan pengganti behel transparan dan kamu bisa menemuinya di klinik-klinik gigi, di antaranya: 

1. Ceramic

Lapisan paling luar dari gigi umumnya disebut sebagai enamel. Nah, warna behel transparan yang terbuat dari ceramic memiliki warna yang serupa dengan enamel yaitu putih susu atau putih gading. 

Kendati mempunyai fungsi yang tidak jauh berbeda dengan behel gigi umumnya, akan tetapi dari segi estetika, gigi akan terlihat cantik dan indah. Kamu tidak akan terlihat jika tengah mengenakan kawat gigi jika mereka tidak berinteraksi dalam jarak dekat. 

Biasanya, ketika kamu memasang behel tipe ini, dokter akan melengkapinya dengan karet yang berfungsi untuk mendorong gigi agar lebih kedalam dan membuat gigi semakin rapi. Umumnya, dokter akan memberikan karet berwarna putih susu agar tidak jauh berbeda dengan warna gigi. 

Sayangnya, behel ceramic cukup rapuh, bahkan cenderung gampang rusak. Maka, ketika kamu mengenakannya, harus berhati-hati ya. 

2. Sapphire

Behel yang terbuat dari bahan sapphire lebih transparan daripada berbahan ceramic. Hasilnya, tidak akan terlihat terlalu mencolok ketika kamu memilih untuk mengenakannya. 

Keunggulan lainnya, dari segi ketahanan. Behel ini lebih kuat dari behel transparan yang berbahan ceramic, sehingga tidak gampang patah. Kamu pun bisa makan dengan nyaman meskipun mengenakan behel. 

3. Self Ligating Braces

Jika behel transparan tipe ceramic dan sapphire tetap memerlukan karet untuk menarik gigi-gigi agar rapi, behel self ligating braces justru tidak membutuhkannya. Seperti namanya, behel ini sudah memiliki sistem buka – tutup tersendiri yang digunakan untuk menahan kawat agar tetap di tempat. Alhasil, gigi pun dapat rapi seiring penggunaannya. 

Dalam perawatan, self ligating braces pun cenderung lebih mudah serta cepat. Kamu bahkan tidak perlu kontrol sering-sering ke dokter. Bahkan, rasa sakit yang ditimbulkan ketika pemasangan jauh lebih ringan daripada behel jenis konvensional lainnya. 

4. Clear Aligner

Clear aligner adalah teknologi paling baru yang dipakai para dokter untuk menyempurnakan susunan gigi agar semakin rapi tanpa harus mengenakan kawat. 

Bentuk clear aligner menyerupai alat pelindung gigi yang biasanya dipakai oleh para atlet tinju. Akan tetapi, bentuknya lebih tipis sehingga mulut tidak akan penuh ketika mengenakannya. Kamu akan merasa nyaman dan semakin percaya diri. Lantaran, orang tidak akan mengetahui jika sebenarnya kamu telah mengenakan behel. 

Nah, kelebihannya kamu tidak perlu pergi ke klinik atau dokter untuk melakukan pemasangan atau perawatan behel. Sebab, clear aligner dapat kamu pasang atau lepas sendiri. Namun, agar hasil yang diperoleh maksimal dan gigi semakin cepat rapi, kamu harus mengenakannya seminimalnya 22 jam per hari dengan tingkat kedisiplinan tinggi. Artinya, jika kamu malas-malasan memakainya, bisa jadi impian untuk memiliki gigi rapi hilang begitu saja. Sebab, setiap orang akan memiliki hasil yang berbeda-beda. 

Alasan Kenapa Perlu Memakai Aligner

Di antara empat jenis perawatan pengganti behel itu, jika kamu tidak ingin ribet untuk bolak-balik ke klinik atau ke dokter gigi, cukup membeli clear aligner dan mengenakannya sendiri. Kamu juga tetap bisa berkonsultasi dengan dokter gigi agar hasil yang diperoleh lebih maksimal. 

Clear aligner dapat membantu kamu menangani masalah gigi seperti: 

  1. Anterior crossbite yaitu bentuk antara rahang atas dengan rahang bawah tidak sejajar. 
  2. Gapped teeth yaitu gigi yang memiliki celah terlalu lebar atau terlalu renggang sehingga tidak nyaman untuk makan. 
  3. Pre-Restorative/Pre-Prosthetic yaitu keadaan ketika maloklusi gigi menyulitkan untuk dilakukan prostetik gigi atau perawatan restorasi gigi. 
  4. Deep bite yaitu gigi depan bagian atas saling tumpang tindih dengan gigi depan bagian bawah. 
  5. Overcrowding yaitu keadaan ketika gigi terlalu berjejalan atau berdempetan. 
  6. Open bite yaitu kondisi ketika gigi depan memiliki jarak vertikal. 

Biaya Perawatan Aligner

Nah, kalau kamu tertarik untuk memakai clear aligner, sebaiknya memilih KLAR aligner. Sebab, aligner satu ini sudah pasti kualitasnya dan aman untuk dipakai. Jika masih ragu, kamu bisa berkonsultasi dulu dengan para ahlinya di klinik-klinik atau dokter gigi yang sudah bekerjasama dengan KLAR. 

Selain itu, produk KLAR merupakan produk dalam negeri dengan harga yang cukup terjangkau. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menanyakan detail biaya dan konsultasi ke bagian customer service-nya. Sebab, harga tiap perawatan akan berbeda, tergantung dari seberapa ringan atau parah permasalahan gigi yang kamu alami.Jadi, kembalikan rasa percaya diri kamu bersama KLAR Aligner. Agar hasil dalam perawatan pengganti behel ini berjalan lancar dan memperoleh hasil yang maksimal, jangan ragu untuk berkonsultasi dulu, ya. Gigi rapi, kepercayaan diri pun pasti meningkat.

0 comment

You may also like