Solusi Gigi Rapi untuk Gigi Renggang dan Tonggos

by KLAR
Solusi Gigi Rapi untuk Gigi Renggang dan Tonggos

Solusi untuk Merapikan Gigi yang Renggang dan Tonggos  

Gigi renggang dan tonggos kini bukan menjadi persoalan lagi. Ada banyak solusi gigi rapi yang bisa Anda coba. Artinya, kondisi tersebut bisa diatasi secara tepat dan cepat untuk meningkatkan rasa percaya diri Anda dalam berpenampilan.

Nah, kali ini kami akan coba jelaskan solusi gigi rapi untuk dua kondisi tersebut, yaitu gigi renggang dan tonggos. Bagaimana, penasaran untuk mengetahui apa saja solusinya? Simak penjelasan artikel ini hingga selesai.

Penyebab Gigi Renggang

Pertama-tama, kita mulai dengan penyebab kondisi gigi renggang atau bercelah. Di dalam dunia medis, kondisi ini juga disebut dengan istilah diastema. Berikut beberapa penyebab yang mengakibatkan kondisi gigi menjadi renggang.

  • Bentuk gigi terlalu kecil.
  • Kebiasaan buruk yang berpengaruh pada kondisi gigi.
  • Kondisi frenulum yang tinggi.
  • Memiliki lengkung rahang yang terlalu besar.

Penyebab Gigi Tonggos

Di dalam dunia medis, gigi tonggos juga dikenal dengan istilah overbite atau maloklusi. Seseorang yang memiliki gigi tonggos memiliki posisi gigi atas yang lebih maju dibandingkan posisi gigi di bagian bawah.

Selain karena faktor genetik/keturunan, gigi tonggos juga bisa diakibatkan oleh beberapa hal berikut:

  • Kebiasaan mengisap dot.
  • Mengisap jempol.
  • Adanya gangguan pada susunan gigi dan juga tulang rahang.
  • Timbulnya tumor pada mulut.

Solusi Gigi Renggang dan Tonggos

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, ada banyak solusi gigi rapi untuk menormalkan kembali kondisi gigi renggang dan tonggos. Berikut ini kami sudah merangkum beberapa solusinya.

1. Merekatkan Gigi dengan Bantuan Alat Tertentu

Gigi yang bercelah bisa kembali rapi dengan alat-alat tertentu. Anda bisa memilih beberapa pilihan alat ortodontik yang saat ini sudah tersedia untuk merapikannya kembali. Bahkan proses merapikannya pun tergolong cepat.

Sebut saja salah satunya dengan menggunakan alat aligner. Alat tersebut terbukti mampu merapikan gigi lebih cepat dibandingkan behel atau kawat gigi. Bahkan aligner tidak mengganggu penampilan orang yang menggunakannya.

Alat ortodontik akan membantu merekatkan gigi yang bercelah. Selain aligner, juga ada beberapa jenis alat lain yang bisa Anda pilih sesuai keinginan dan kenyamanan masing-masing.

Selain untuk meratakan gigi yang renggang, alat seperti aligner juga mampu untuk meratakan gigi yang tonggos.

2. Memasang Alat untuk Menghilangkan Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk yang kami maksud di sini yaitu kebiasan buruk di mulut pasien. Terutama kebiasaan-kebiasaan yang dapat mengakibatkan kondisi diastema. Contohnya seperti kebiasaan sering menjulurkan lidah ke depan, mengisap ibu jari, dan lainnya.

Agar memiliki gigi yang rapi, maka kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut harus dihilangkan terlebih dahulu. Silahkan Anda konsultasikan dengan dokter gigi atau ahli orthodontist untuk memasang alat tersebut.

Contoh alat yang biasa digunakan yaitu seperti kawat gigi lepasan yang sudah dimodifikasi. Kawat tersebut akan dimodifikasi sesuai dengan kebiasaan buruk si pasien.

Dengan menghentikan kebiasaan buruk di mulut, maka tidak akan sulit untuk mengembalikan kondisi gigi menjadi lebih rapi.

3. Memotong Frenulum

Pemotongan frenulum juga bisa menjadi solusi untuk merapikan gigi yang renggang. Frenulum sendiri adalah lipatan membran mukosa yang nantinya akan dipotong untuk melekatkan struktur di sekitar gigi.

Frenulum sendiri menjadi salah satu faktor penyebab gigi bercelah yang harus dihilangkan. Setelah dipotong dan dihilangkan, maka akan dilakukan perawatan ortodonti untuk merapikan gigi.

4. Operasi untuk Gigi Tonggos

Untuk kondisi-kondisi tertentu yang lebih serius, maka operasi bisa menjadi solusi terbaik. Operasi juga bisa mengembalikan gigi tonggos yang diakibatkan oleh kelainan struktur pada rahang dan juga gigi yang lebih parah.

Proses operasi ini yaitu untuk memasang pelat atau sekrup. Fungsinya yaitu untuk menstabilkan tulang rahang. Namun sebelum memilih metode ini, pertama-tama Anda harus konsultasi terlebih dahulu pada dokter gigi.

Perawatan Rumahan untuk Gigi Tonggos dan Renggang

Perawatan yang akan kami jelaskan di sini bukan untuk menormalkan kondisi gigi yang renggang dan tonggos. Dan perawatan ini bertujuan untuk mencegah kerusakan gigi yang lebih parah. Berikut sudah kami rangkum apa saja perawatannya.

  • Rutin menyikat gigi dua kali sehari, di pagi dan malam hari menjelang tidur. Pastikan juga teknik menyikat gigi yang Anda lakukan benar. Sikatlah gigi dengan ayunan perlahan ke seluruh permukaan gigi.
  • Menggunakan pelindung mulut saat berolahraga atau aktivitas fisik yang tergolong ekstrem. Fungsinya yaitu untuk melindungi gigi dari kerusakan.
  • Rajin membersihkan gigi dengan menggunakan benang gigi atau flossing. Fungsinya yaitu untuk membersihkan plak dan juga sisa-sisa makanan pada gigi.

Kesimpulan

Kondisi gigi renggang dan tonggos tidak hanya diakibatkan oleh faktor genetik saja. Kondisi tersebut juga disebabkan oleh beberapa faktor lainnya. Meski begitu, dengan perawatan yang tepat, kini kedua kondisi tersebut bisa diatasi dengan mudah dan gigi pun kembali normal. Sedang mencari solusi gigi rapi untuk merapikan gigi yang renggang dan tonggos? Kini Anda bisa merapikannya di KLAR Aligner. Tingkatkan kepercayaan diri Anda dengan gigi yang rapi di KLAR Aligner.

0 comment

You may also like