Home Kesehatan Gigi Tahukah Anda, Kini Sudah Banyak Alat Merapikan Gigi Tanpa Behel ? Simak Info Berikut!

Tahukah Anda, Kini Sudah Banyak Alat Merapikan Gigi Tanpa Behel ? Simak Info Berikut!

by KLAR
perempuan dengan gigi rapi

5 Pilihan Alat Merapikan Gigi Tanpa Behel 

Senyuman indah kamu terpaksa harus disembunyikan lantaran memiliki masalah pada gigi? Kini, saatnya untuk kamu untuk mulai menunjukkannya dan tampil percaya diri menggunakan salah satu di antara alat merapikan gigi tanpa behel yang lebih praktis dan mudah dalam perawatannya.  

Menurut ortodontis, dokter gigi spesialis yang menekuni bidang perawatan dan pelurusan masalah gigi, menyarankan beberapa metode.  Metode tersebut dibagi menjadi dua kategori yaitu Retainer lepasan dan Ortodonti instan.

Nah, mari kita uraikan satu persatu dari masing-masing kategori tersebut. 

Retainer Lepasan (Bisa Bongkar Pasang)

Retainers adalah metode yang menggunakan alat pelindung gigi yang mampu menekan agar gigi kembali berbentuk seperti semula secara perlahan dan bertahap. Biasanya, sebelum mengenakan retainer, kamu perlu melakukan terapi minimum untuk mengecek dan memastikan jika gigi sudah kuat dan siap dipasang alat-alat sejenis retainer. 

Teknik merapikan gigi yang masuk dalam retainer lepasan adalah: 

1. Invisalign

Invisalign merupakan salah satu alat untuk merapikan gigi yang bisa kamu coba. Awal mula, Invisalign digunakan di Amerika. Tidak lama kemudian, alat ini begitu populer di antara orang-orang yang membutuhkan perbaikan pada gigi selain menggunakan behel. Sebab, kamu dan mereka yang memiliki masalah gigi tentunya ingin bisa tampil percaya diri tanpa harus terlihat jika tengah mengenakan behel. 

Untuk itu, ketika invisalign mulai diperkenalkan, banyak yang mencari-cari. Lantaran tidak ada efek samping yang bisa kamu dapat dan proses pemasangan serta perawatannya pun lebih mudah. 

Invisalign menggunakan behel yang berwarna transparan dan hampir tidak mungkin terlihat jika orang-orang tidak memperhatikan secara seksama. Kamu bisa melepas dan memasangnya kembali. 

Proses Invisalign dimulai dengan pemeriksaan untuk menentukan apakah ini perawatan pelurusan gigi ini tepat untuk kamu. Selanjutnya, pihak klinik akan membuat cetakan 3D menggunakan komputer dari susunan gigi kamu dan mencetak alat invisalign yang sesuai. Alat tersebut kemudian akan dikirimkan ke kamu untuk dipakai selama 2 minggu. 

Setiap 2 minggu sekali, kamu harus menggantinya dan berkonsultasi ke dokter untuk memperoleh hasil yang maksimal. Perlahan-lahan, dengan cara yang lembut, gigi-gigi kamu yang mendapatkan tekanan dari proses invisalign akan mulai bergerak ke posisi yang diinginkan.

2. Clear Aligners

Clear Aligners adalah alternatif yang dapat dilepas dan tersembunyi untuk kawat gigi logam tradisional. Ketika kamu mendapatkan alat merapikan gigi berwarna bening yang dibuat khusus ini, kamu akan menerima beberapa bulan sebelumnya, dan perlu menggantinya secara berkala (biasanya setiap dua minggu) untuk membantu menggeser gigi ke posisi yang tepat. Seluruh rangkaian yang dipakai untuk merapikan gigi ini bisa memakan waktu hingga sembilan bulan atau lebih, tergantung pada jumlah gigi yang akan diluruskan. 

Agar kamu tidak terkena penipuan dalam mengenakan clear aligners, kamu bisa menggunakan KLAR aligners yang sudah terjamin mutunya. Alat ini dibuat oleh ortodontis yang sudah berpengalaman menggunakan teknologi canggih yang khusus untuk memberikan kenyamanan dan keamanan padamu. 

Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau dengan hasil yang instan. Warnanya yang bening atau transparan, akan membuat kamu semakin percaya diri dan tidak perlu minder jika tengah mengenakan behel.

Ortodontik Instan oleh Ahlinya

Metode yang masuk dalam kategori ortodontik instan ialah: 

1. Mahkota Gigi 

Serupa akan namanya, mahkota gigi merupakan teknik yang menyelipkan gigi palsu di antara gigi-gigi yang rusak agar secara visual terlihat gigi rapi tanpa harus mengenakan behel. 

Dalam prosesnya, tidak akan ada rasa sakit yang timbul. Sebab, teknik ini tidak benar-benar memindahkan gigi ke posisi yang diinginkan, tetapi menutupi ketidaksejajaran kecil dengan mahkota gigi yang lurus.

2. Bonding

Bonding memiliki kekuatan untuk meluruskan gigi tanpa kawat hanya dalam satu kali kunjungan. Digunakan hanya untuk koreksi kecil, prosesnya melibatkan pemahatan bentuk baru untuk gigi kamu menggunakan bahan cetakan khusus yang cocok dengan warna aslinya. 

Biasanya, kita sering menyebutnya dengan tambalan yaitu menambal gigi dengan bahan khusus agar memiliki kekuatan yang sama seperti gigi asli. Bonding atau tambal gigi lebih cocok digunakan untuk kamu yang memiliki masalah gigi berlubang. 

3. Veneer 

Veneer gigi adalah metode visual lain untuk meluruskan gigi tanpa kawat. Terbuat dari porselen ultra-tipis, veneer bekerja seperti kuku palsu untuk gigi, mengubah bentuk dan juga warna gigi jika diperlukan.

Metode veneer diperkenalkan oleh kedokteran gigi kecantikan yang ingin membantu kamu untuk mengembalikan senyum menawan kamu. Secara estetika, penggunaan veneer cukup membantu dalam menutupi permasalahan gigi yang tidak rata. Bahkan, kamu pun bisa membuat gigi tampak lebih bersih dan putih jika menggunakan veneer. Lima pilihan alat merapikan gigi tanpa behel sudah kamu ketahui. Kini, saatnya untuk kamu menentukan mana yang ingin digunakan agar senyuman indahmu tidak perlu lagi disembunyikan. Jika kamu masih bingung, kamu bisa mencoba menggunakan Aligner. Tertarik untuk mencoba? Anda bisa memilih Klar Aligner, kamu akan dengan mudah menemukan klinik KLAR yang terdekat dengan tempat tinggal kamu, karena kini klinik partnernya sudah tersebar di 32 kota di Indonesia.

0 comment

You may also like